Senin, 10 Agustus 2009

singkong thailand

Nikmatnya Singkong Rebus Ala Thailand
Rois Jajeli - detikSurabaya



Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Bosan dengan singkong yang digoreng atau direbus biasa. Bila Anda penikmat makanan enak bisa mencoba singkong rebus ala Thailand ini. Dijamin pasti menggugah selera dan membuat Anda ketagihan.

Olahan singkong dari Negara Gajah Putih itu, warnanya putih dan tidak terlihat seratnya. Saat di lidah terasa empuk dan sedikit ada rasa manis. Rasanya makin maknyus saat singkong atau ubi kayu itu disiram dengan fla santan.

Ingin mencicipinya, para kuliner mania bisa mencobanya di The Food Corner Resto Jalan Ambengan 37, Surabaya. Pihak pengelola mengatakan singkong yang digunakan tetap menggunakan singkong dalam negri. Hanya saja rasanya dan olahannya ala Negara Thai.

"Jangan khawatir, memang singkongnya ini lokal. Meski lokal, singkongnya pilihan dan tidak kalah dengan singkong Thailand. Yang penting rasa, aroma dan masakannya sesuai resep makanan khas Thailand," kata Director the Food Corner Taste of Asian," kata Telly Chia kepada detiksurabaya.com, Senin (10/8/2009).

Koki Food Corner, Sugeng Okawanto mengungkapkan untuk menyediakan menu Singkong Rebus Thailand, pihaknya harus teliti memilah-milah singkong. Warnanya harus putih, berkualitas baik, dan tidak ada seratnya.

"Ciri khasnya singkong ini seperti tidak ada seratnya. Kalau singkong lokal tidak memenuhi kualitas, kami tidak akan menyediakannya karena kami tidak ingin konsumen kecewa," tuturnya.

Dia menjelaskan mengolah singkong rebus Thailand ini cukup singkat. Sebelumnya singkong yang sudah dikelupas kulitnya dan dicuci kemudian dipresto selama 1 jam. Kemudian direbus hingga matang. Setelah matang, air rebusan singkong dibuang. Singkong itu disiram air panas lagi dan ditaburi gula secukupnya.

Gula itu akan meleleh dan meresap pada singkong yang masih panas, sehingga membuat singkong berasa manis.

"Sebelumnya sudah kita siapkan. Ketika ada konsumen, kita tinggal mengambil singkong yang sudah siap itu, ditata kembali. Kemudian singkong kita mikro (pemanas siap saji), singkong kita taburi gula cair ditambah santan hingga merata dan siap saji," ungkap Sugeng.

Makanan ini akan terasa nikmat disantap saat masih hangat dan suhu di sekitarnya dingin. Kalau tidak senang rasa manis koki siap melayani sesuai permintaan konsumen.

Harganya cukup terjangkau, satu porsi Rp 6.000 ditambah pajak 10 persen total Rp 6.600, sudah bisa merasakan Singkong Rebus Thailand di The Food Corner Taste of Asian.(roi/wln)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar